Kamis, 03 Januari 2013

Kamu Mau Bikin Band, Baca Dulu Ini!

Posted Kamis, 03 Januari 2013 by Admin

klacommunity.blogspot.com - JAKARTA - Dewasa ini dunia musik Indonesia semakin kaya, baik itu karya musiknya ataupun talent yang memainkan atau mempopulerkan sebuah lagu.

Di antara maraknya hingar-bingar dunia musik Indonesia, ada sesuatu yang menarik di sini, yaitu munculnya band-band atau kelompok musik dengan gaya yang identik atau mirip dengan kelompok-kelompok musik yang sudah terlebih dahulu eksis di dunia industri musik Indonesia.

Sebut saja salah satu contohnya Piterband, band bentukan Charlie "Setia Band" ini identik dengan Peterpan dengan mengusung Arul sebagai persamaan dari Ariel dan singlenya berjudul "Ada-Ada Aja Denganmu" sebagai pelesetan dari "Ada Apa Denganmu" sebagai salah satu single dari Peterpan.

Adapun Peterpan sendiri saat ini sudah merubah nama menjadi Noah. Selain itu masih ada kelompok musik lainnya yang memiliki nama yang agak mirip dengan kelompok musik lainnya, sebut saja 3 macan yang memiliki kesamaan dengan trio macan.
Berikut tips memilih nama band agar band kamu tidak dianggap plagiat ataupun nama bandnya pasaran :

Mencari Ide nama band               

Nama band sebaiknya disesuaikan dengan aliran atau karakteristik lagu yang dibawakan oleh band yang bersangkutan. Jadi semisal ingin membuat band yang beraliran pop, hindari nama-nama seperti Death Victim, atau Craddle of Death dan sejenisnya, karena nama-nama seram seperti itu biasanya cocok untuk band-band cadas nan metal. Jika ingin membuat nama band pop, bisa ambil kata-kata yang bermakna perdamaian, atau mendayu seperti misalnya Lentera, atau hijau daun dan sejenisnya. Intinya carilah nama yang sesuai dengan karakteristik band.

Menggunakan Istilah Asing

Kata atau istilah dari bahasa asing akan memberi kesan keren dan menarik. Istilah asing yang cocok dengan selera orang Indonesia biasanya adalah bahasa Inggri atau latin contohnya Anima (Bahasa Latin berarti jiwa).

Menggabungkan angka pada nama band
 
Menggabungkan angka pada nama band akan menumbuhkan kesan menarik dan mudah untuk diingat, seperti Fade 2 Black, Five Minutes, atau ST 12.

Menggunakan Singkatan

Menggunakan singkatan juga memberikan kesan unik dalam penamaan band, karena biasanya singkatan tersebut bisa berarti hal-hal khusus yang dimiliki oleh band yang empunya nama, misalkan saja Trio Libels yang berarti kelompok trio yang berasal dari SMA Lima Belas, atau ST 12 yang berarti stasion timur yaitu tempat berdirinya band tersebut.

Mempercantik penulisan band
 
Penulisan nama band terkadang perlu dibuat sekreatif mungkin untuk menarik perhatian dan membuat sedikit perbedaan dengan nama lainnya. Contoh penulisan nama yang kreatif misalkan :
AERO menjadi A3RO
Smash menjadi SM*SH

Demikianlah tips-tips dalam membuat nama band, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin membentuk band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar