Rabu, 05 Juni 2013

Biografi Hamid Karzai

Posted Rabu, 05 Juni 2013 by Admin


Hamid Karzai adalah Presiden Republik Islam Afghanistan. Pemilihan presiden Afghanistan yang diadakan pada tanggal 9 Oktober 2004, dan pada tanggal 3 November 2004, Badan Pengelola Pemilihan Bersama Afghanistan akhirnya disertifikasi pemilu dan menyatakan Hamid Karzai pemenang dengan 55,4% suara. Dia mengambil sumpah Presiden setia di Salam Khana Palace pada tanggal 7 Desember 2004 di hadapan para pejabat tinggi dari seluruh dunia.

Sebelum itu, Karzai menjabat sebagai Presiden Pemerintahan Transisi di Afghanistan, ia terpilih sebagai kepala negara Loya Jirga oleh pada bulan Juni 2002. Hamid Karzai tidak diketahui secara luas sampai ia terpilih untuk memimpin pemerintahan sementara yang didirikan di Bonn, Jerman pada bulan Desember 2001. Karzai sebenarnya kompromi yang dicapai antara (Mohammad Zahir) pendukung mantan raja dan Front Persatuan (UNIFSA), yang tanah tentara, dengan bantuan dari Amerika Serikat, mengalahkan Taliban dan mengusir mereka dari Kabul.

Selama perang Soviet, Karzai membantu transfer senjata dan uang untuk para mujahidin, serta kemudian menjabat sebagai wakil menteri luar negeri di bawah Presiden Burhanuddin Rabbani. Namun, ketika Taliban muncul di tempat kejadian, Karzai mendukung mereka, dan bahkan bekerja sebagai konsultan untuk membantu perusahaan minyak utama AS, Unocal menandatangani kesepakatan dengan Taliban untuk membangun jaringan pipa melalui Afghanistan. Kesepakatan tidak tercapai setelah organisasi hak-hak perempuan di Amerika Serikat memberikan tekanan pada Unocal untuk tidak melakukan bisnis dengan Taliban karena pengobatan yang sangat menindas mereka perempuan di negara ini. Akhirnya, Karzai bosan dengan Taliban dan kemudian pada tahun 2001, setelah serangan terhadap World Trade Center di New York, mulai diam-diam bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk mencari alternatif untuk pemerintahan Taliban di Afghanistan.

Karzai lahir pada tahun 1957, dan berasal dari suku Popalzai terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar