Senin, 04 Maret 2013

Makam Kesatria Berisi Harta Karun Ditemukan di Rusia

Posted Senin, 04 Maret 2013 by Admin

Para peneliti di Rusia menemukan makam seorang kesatria berisi perhiasan emas, surat yang dirantai besi dan berbagai senjata, termasuk satu set pedang besi 91 cm di antara kedua kakinya.

Hiasan pada pedang pende

Barang-barang itu hanyalah salah satu penemuan menakjubkan di antara harta karun kuno lain yang ditemukan di makam yang tersembunyi di ketinggian pegunungan Kaukasus. Usianya lebih dari 2000 tahun.

Barang yang ditemukan antara lain dua helm perunggu yang ditemukan pada permukaan pekuburan. Satu helm (ditemukan dalam bentuk fragmen dan telah dirangkai kembali) memiliki ukiran relief tanduk domba sementara yang lain memiliki relief pegunungan, zigzag, dan bentuk aneh lainnya.

Makam kesatria tersebut tampaknya belum pernah tersentuh. Ujung pedang yang ditemukan dikubur bersamanya diarahkan ke panggul pria itu, dan peneliti menemukan "sebuah plakat emas bulat dengan bertahtakan polikrom" dekat ujungnya, tulis mereka dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam edisi terbaru dari jurnal “Ancient Civilizations” dari Scythia hingga Siberia.

Sisa-sisa tiga tengkorak kuda, sapi, dan babi hutan juga ditemukan terkubur di dekat kesatria itu.

"Hewan-hewan itu sangat berharga di kalangan masyarakat barbar dunia kuno. Itu adalah tanda bahwa orang yang dikubur tersebut adalah orang penting, yang ditunjukkan oleh kerabat dan sukunya," tulis anggota tim Valentina Mordvintseva, peneliti di National Academy of Sciences Institute of Archaelogy Ukraina, dalam sebuah email kepada LiveScience. Tulang hewan dan sisa-sisa gerabah tersebut menunjukkan bahwa pesta pemakaman diadakan untuk menghormatinya.


Bros fibula yang terbuat dari emas.

Tanpa catatan tertulis, sulit untuk mengatakan siapa kesatria itu sebenarnya, tapi pria itu bukanlah orang yang memerintah sebuah kota. "Ia lebih seperti seorang pimpinan masyarakat," kata Mordvnintseva.

Pekuburan tersebut terletak di dekat kota Mezmay. Perampok makam menemukan situs tersebut pada 2004 dan penggalian penyelamatan dimulai pada 2005.

Siapa yang menggunakan pekuburan tersebut?

Berdasarkan artefak yang ditemukan, peneliti percaya bahwa kesatria tersebut dimakamkan pada sekitar 2.200 tahun yang lalu, yang hampir bersamaan dengan budaya Yunani populer di Asia Barat, sedangkan pekuburan itu sendiri tampaknya telah digunakan antara abad ketiga SM dan awal abad kedua Masehi.

Dengan hati-hati para peneliti mencatat bahwa artefak tersebut tidak dapat dikaitkan dengan budaya arkeologi tertentu. Mordvintseva menunjukkan bahwa "daerah ini sangat besar, dan belum banyak digali," khususnya di daerah tempat pekuburan itu berada. "Pekuburan itu terletak tinggi di pegunungan. Mungkin penduduk daerah ini memiliki rute perdagangan yang melewati negara-negara Kaukasia seperti Georgia, Armenia, dll.," tulis Mordvintseva dalam emailnya.

Meskipun orang-orang yang menggunakan pekuburan itu jelas dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani, mereka mempertahankan cara hidup mereka sendiri, kata Mordvintseva. "Budaya material mereka menunjukkan bahwa mereka sangat bangga terhadap diri mereka dan menjaga budaya mereka selama berabad-abad."

Harta karun emas

Gaya hidup ini menunjukkan kesukaan mereka terhadap perhiasan emas. Penguburan kesatria itu juga turut memasukkan lebih dari belasan artefak yang terbuat dari emas. Mungkin yang paling spektakuler adalah penemuan bros yang terbuat dari emas dengan batu kristal di pusatnya. Meskipun bros tersebut hanya berukuran 5,8 x 4,8cm, benda itu memiliki beberapa lapisan rumit yang diukir menonjol.

"Di dalam tonjolan tersebut terdapat sebuah batu kristal yang ditempatkan di lubang yang dibor dari kedua ujungnya," tulis para peneliti.

Tim itu terkejut saat menemukan bahwa dua dari pedang sang kesatria (termasuk yang mengarah ke panggul) memiliki dekorasi emas yang dimaksudkan untuk ditempelkan. Salah satu pedang besi pendek berukuran 48,5cm, memiliki plat emas, dengan bertatahkan batu akik, yang dimaksudkan untuk menghiasi sarungnya.

Sampai saat ini, para peneliti belum pernah melihat dekorasi pedang emas semacam ini di barang bersejarah lainnya, seperti yang ditulis para peneliti. “Faktanya adalah bahwa benda-benda tersebut digunakan untuk menghias senjata membuat mereka sangat berbeda, yang sejauh ini belum pernah tercatat di tempat lain."

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar